Aku Bertanya Apa Arti Sukses Sebenarnya ?

Advertisemen
Kunci hidup sukses adalah menyadari bahwa anda merasa cukup. Setelah memahami anda cukup, maka tercipa ruang dalam kesadaran anda yang memungkinkan penyetelan kembali keadaan harmonis dengan diri. 
Bila kita membiarkan diri digerakkan oleh pengaruh dunia, perhatian kita menjauh dari apa yang diharapkan oleh jiwa. 
Seperti kata pepatah: Ketika perhatian pergi, energi mengalir. Kita adalah produk dari masyarakat yang sering mendefinisikan kesuksesan dalam hal materi. Namun, kesuksesan sejati ditunjukkan oleh keutuhan, yang hanya bisa anda capai bila berjalan sesuai dengan apa yang ada dalam jiwa anda. Semua orang bahagia, sehat, merasa damai, kreatif, saling mencintai, menghargai, memberi, terpenuhi dan penuh dengan rasa kasih sayang. Melihat kesuksesan dari tingkat materi atau status keuangan yang diperoleh melalui ambisi hanya membuat anda paham sebagian kecil dari potensi jiwa.

Anda harus memberikan diri anda kebebasan terhadap gairah hidup sebenarnya. Ini berarti bahwa anda harus jujur tentang apa yang anda inginkan untuk bisa berhasil. Anda ingin memulai dari mana, maka lakukanlah. Bermimpilah besar sebentar, setelah itu pikirkan darimana sebaiknya anda memulai. 

Meskipun berat, penghasilan sedikit namun pada akhirnya anda akan menyaksikan bunga-bunga jiwa anda sebagai hasilnya. 

Menikmati Proses

Jangan berpikir tentang usaha potensial hanya dalam hal waktu, biaya dan hasil tetapi apakah anda akan menikmati ketika melakukannya. Anda tidak akan bisa melewati proses terlalu lama tanpa merasa senang melaluinya. Itulah kenapa passion selalu menjadi kata yang sering kita dengar.

�Kita terlalu banyak menyoalkan tentang sukses,  tapi apakah sukses hanya diartikan sebatas Uang, Rumah, Mobil, Pekerjaan elite ? Oh Bukan itu kawan�

apa arti sukses sebenarnya
Islam sendiri mengartikulasikan sukses dengan 2 tujuan yaitu dunia dan akhirat. Maka, sebaik-baiknya pria sukses adalah ia yang selain merasa cukup di dunia juga merasa punya cukup waktu untuk beribadah dan beramal shaleh sehingga tujuan akhirat bisa dicapai.

Sadar atau tidak, namun inilah yang sebenarnya kita rasakan. Kita semakin bersemangat ketika ada cinta. Apa yang saya cintai ? yaitu membangun keluarga yang bahagia dengan rasa cinta dan kasih sayang Allah SWT. 

Kita harus punya alasan untuk mengejar kecukupan dalam hidup, bukan haus materi. Boleh jadi, terlalu kaya malah membuat anda khilaf dan menjerumuskan anda kelak di akhirat. 

Saya selalu menganggap bahwa tetangga saya sukses. Dengan peralatan kayu dan bangunan, dan terlihat warung kecil di ujung jalan, itulah sumber penghasilan mereka. Namun saya selalu mendengar tawa dan keceriaan anak-anak. Sungguh saya merasa tersanjung dan kadang ingin rasanya meneteskan air mata. Saya selalu terharu ketika ada keluarga sederhana yang merasa bahagia. Entah kenapa, rasanya inilah kebahagiaan sejati.

Sebenarnya sederhana. Anda bisa menjudge diri anda berhasil bila tidak ada gap antara harapan dan kenyataan. Oleh karena itu, gaya hidup bisa menentukan definisi sukses anda.

Mungkin inilah yang dialami keluarga kecil yang bahagia. Mereka tidak banyak meminta untuk dunia, karena mereka tidak dikendalikan oleh gaya hidup. Melakukan pekerjaan hari demi hari tanpa memikirkan bagaimana agar cepat kaya, melainkan bagaimana bisa membahagiakan keluarga. Dari sini orientasinya berbeda.

Banyak yang luput dari kita, yang sebenarnya tanpa kita sadari tetangga-tetangga kita yang hidup sederhana adalah orang-orang sukses yang tidak terliput oleh dunia.

Fajar M
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Belajar Ilmu Bisnis