Advertisemen
Dimana posisi anda ? Sebagai bos atau karyawan ? Ciri-ciri karyawan bermasalah bisa dikenali dengan mudah. Sifat negatif tersebut akan mempengaruhi kinerja karyawan lain di perusahaan. Oleh karena itu seorang bos, akan menjadikannya perhatian utama dan langsung berupaya secepat mungkin menindaknya karena bisa menurunkan produktivitas usaha.
Oleh karena itu, sebelum semuanya terlambat, mari kenali cir-ciri tersebut agar anda bisa memperbaikinya :
1. Sering terlambat
Selalu datang terlambat atau absen. Ini hampir sering terjadi. Ini menjadi tanda yang jelas bahwa ia kurang serius dan tertarik bekerja di perusahaan.
2. Tidak tahu bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan karyawan
Ini kadang bisa memicu konflik di tempat kerja. Menimbulkan sentiment-sentimen yang tidak diinginkan dan menghambat kerjasama atau koordinasi internal. Pimpinan tentu akan sangat memperhatikan bagaimana karyawannya bisa berbaur dan bekerjasama secara solid.
3. Menolak lembur
4. Tidak punya Inisiatif melakukan tugas sendiri
Ciri karyawan satu ini selalu tergantung pada yang lain. Ini menyusahkan. Di saat karyawan lain sibuk menyelesaikan deadline, ia sering meminta bantuan tanpa pernah berinisiatif mengembangkan kualitas diri. Ia juga sering menunggu orang lain menginstruksikan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
6. Tidak memiliki jiwa kepemimpinan dan kurang mampu mengambil keputusan
7. Menggunakan sebagian waktu bekerja untuk kepentingan bisnis pribadi
8. Melempar tanggung jawab dan menyalahkan orang lain
9. Sering meminjam barang pribadi karyawan lain tanpa izin terlebih dahulu
10. Tidak terbuka wawasannya untuk ide-ide, pembelajaran dan hal-hal baru
11. Suka mengatur atau pilih-pilih tugas
12. Tidak melatih profesionalisme ketika berbicara dan berurusan dengan atasan, rekan kerja dank lien perusahaan serta pelanggan
13. Berani mengungkapkan data penting (rahasia) perusahaan atau informasi internal kepada orang lain dan menyepelekannya
14. Tidak menunjukan loyalitas kepada perusahaan
15. Tidak menguasai informasi mengenai produk perusahaan yang dampaknya kesulitan meyakinkan pelanggan
16. Tidak menghormati atasan dan sesama karyawan
17. Maunya gajian tepat waktu tapi tidak mau instrospeksi mengenai kinerjanya
18. Sulit bekerjasama secara tim, seringkali tidak terbuka untuk saran dan cenderung mengkritik pendapat orang lain (bukannya membangun)
19.Tidak peduli bagaimana mengurus diri sendiri
20. Menghindari tugas (Its not my job)
21. Tidak sabaran untuk pulang, biasanya ditandai dengan sering menengok jam ketika sore hari
22. Banya ngegosip atau membicarakan orang lain, bukannya tentang pekerjaan
23. Berani berbohong meskipun untuk hal-hal sepele sekalipun
24. Tidak senang bila melihat karyawan lain berhasil. Karyawan seperti ini berupaya menjatuhkan rekannya, bukannya ingin berprestasi tapi tidak ingin tersaingi
25. Terobsesi dengan gaji tinggi (jadi orientasinya gaji bukan kemajuan perusahaan), artinya ia selalu ingin dibayar tinggi tetapi tidak pernah melihat ke dalam mengenai kualitas yang dimilikinya serta kontribusinya
Nah, mudah-mudahan dari ke-25 ciri karyawan yang bermasalah diatas tidak ada pada diri anda. Coba perbaikilah pribadi kita bila ada yang kurang baik. Kualitas akan menentukan siapa anda. Setidaknya perusahaan akan senang dengan orang yang selalu berusaha memperbaiki dirinya meskipun ia memiliki banyak kekurangan. Semoga bermanfaat.
Advertisemen