10 Contoh Usaha Franchise Modal Kecil Tanpa Franchise Fee dan Gratis Ongkir

Advertisemen
Modal tipis ? Contoh usaha franchise ini menjadi solusi bagi anda yang memiliki modal kecil karena tanpa franchise fee dan gratis ongkir. Usaha franchise atau yang kita kenal sebagai usaha waralaba awalnya berkembang di Amerika Serikat. Format bisnis ini diperkenalkan oleh Isaac Singer sekitar tahun 1850 ketika ia ingin meningkatkan distribusi penjualan mesn jahitnya. Kemudian, sistem ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1950.  

Kini anda bisa lebih aman menjadi franchisee, karena  sudah ada payung hukum yang melindungi usaha ini di Indonesia. Indomart merupakan salahh satu contoh usaha franchise, itulah mengapa perkembangannya sangat pesat. Namun, butuh dana besar untuk mendirikan indomart yaitu Rp 410 juta dan fee franchise-nya Rp 36 juta (setiap tahunnya mungkin meningkat). Ini tentu bukan tipe usaha anda yang bermodal kecil, apalagi pemula. 

Oleh karena itu, saya ingin memberikan solusi bagi anda yang ingin memilih usaha franchise mudah dan bermodal kecil serta menguntungkan. Berikut ini 10 contoh usaha franchise modal kecil tanpa franchise fee dan gratis ongkir bahan dan perlengkapan :

Sebelumnya, ada istilah-istilah umum yang perlu diketahui:

Usaha Franchise : adalah usaha kemitraan dimana franchisee (yang ingin menjalankan usaha waralaba/franchise seseorang) membeli hak produksi dan atau penjualan produk bisnis tertentu berdasarkan kerjasama atau kesepakatan.
Franchisor : Pemilik Waralaba
Franchisee : Penerima Waralaba (penerima hak)
Franchisee fee : Biaya yang dibayarkan franchisee kepada franchisor yang biasanya digunakan untuk dukungan promosi iklan jaringan bisnis. Manfaatnya dapat dirasakan bersama baik, pemilik maupun penerima waralaba. Umumnya besar fee sekitar 3% dari hasil penjualan. Namun, tidak semua franchisor mengenakan franchise fee pada penerima waralaba seperti yang akan dibahas pada artikel ini.
Royalty fee : Biaya atau jumlah uang yang wajib dibayar penerima waralaba untuk menjadi bagian dari jaringan bisnis tertentu. Biaya ini digunakan untuk menutupi hak penggunaan merek. Biasanya dihitung berdasarkan persentase penjualan kotor (atau bersih), bisa dibayar mingguan, bulanan dll. 

Contoh Usaha Franchise Modal Kecil Tanpa Fee Franchise  dan Gratis Ongkir

1. Laundry Kiloan

Bidang usaha : Jasa cuci

Paket usaha lengkap hanya butuh modal Rp 3,8 saja. Ini sudah termasuk peralatan dan kelengkapan bahan baku serta training langsung ditempat anda. Cukup fantastis, harganya sangat murah. Kelebihan lain dari laundry kiloan ini tidak dikenakan franchise fee serta bagi hasil lagi, semua paket menjadi milik anda sepenuhnya. Estimasi balik modal berdasarkan situs resmi laundry kiloan (laundryjakarta.com) adalah 1-2 bulan. Tugas anda hanya menyediakan tempat. 

Modal Paket Usaha Lengkap : Rp 3.800.000
Modal Paket Usaha Tanpa Mesin Cuci dan Pengering : Rp 2.800.000 juta
Website : laundryjakarta.com

2. Takoyaki dan Okonomiyaki

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Mungkin beberapa dari anda masih awam, takoyaki adalah makanan kaki lima ala Jepang yang cukup popular. Isian takoyaki umumnya bermacam-macam mulai dari gurita, daging hingga keju atau dapat diisi lainnya. Bila di Jepang, Takoyaki banyak ditemui di Kota Osaka. Kini mulai dikembangkan di Indonesia.

Harga Takoyaki : Rp 5.000 (dapat 3 buah takoyaki besar)

Usaha Franchise Modal Kecil TakoyakiSelain itu ada Okonomiyaki yang juga makanan khas kaki lima di Jepang. Isiannya terdiri dari daging dan sayuran. Membuatnya cukup mudah karena digoreng.  Estimasi balik modal yaitu 1-2 bulan. Konsep franchise ini seperti pedagang kaki lima di Jepang, bisa dilakukan dengan menyewa spot/space seperti di lahan parkir indomart, toko atau lainnya.

Modal paket usaha lengkap : Rp 3.200.000
Paket lengkap ini sudah termasuk semua peralatan termasuk booth atau gerobak ala makanan Takoyaki serta bahan baku. Anda juga akan mendapat training secara gratis.

Modal paket usaha tanpa Booth/Gerobak : Rp 2.500.000
Website : takoyakijakarta.com


3. Es Cappucino Cincau

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Capcin merupakan minuman es yang cukup popular di daerah saya, sepertinya juga di daerah anda. Ada 2 produk yang bisa dijual yaitu Capuccino Cincau dan Bubble Drink. Beberapa rasa dari Capciin yang ada diantaranya cappuccino, moccacino, durian, strawberry, vanilla late dan choco caramel. Isian minumannya pun bisa dengan cincau hitam atau tapioca pearl (bubble) yang teksturnya kenyal. Balik modal usaha ini yaitu 1-2 bulan cukup cepat. 

Harga minuman Capcin : Rp 3.000- 5.000
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.500.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.700.000
Website : cappucinocincaujakarta.com


4. Jagung Susu Keju (Jasuke)

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Sesuai dengan namanya, ini merupakan makanan, sepengalaman saya disajikan dalam keadaan panas (hangat) sehingga kadang ada airu susunya yang wus, manis ditambah keju dan jagung sangat enak. Produk ini ada 5 pilihan rasa. 

Harga Jasuke : Rp 3.000-5.000
Modal paket usaha lengkap :Rp 2.700.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 1.900.000
Website : jagungmanisjakarta.com


5. Kebab Turki

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Usaha Franchise Modal Kecil Kebab TurkiSudah tahu kan ? Makanan khas Timur Tengah Turki yang banyak peminatnya bahkan di berbagai penjuru dunia. Makanan kebab ini termasuk makanan cepat saji, daging ditusuk lalu dipanggang/dibakar menjadi bahan utama kebab. 

Harga Kebab : - (berdasarkan pengalaman mulai dari Rp 7.000-15.000)
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.800.000
Modal pekt usaha tanpa booth/gerobak : Rp 3.100.000
Website : kebabjakarta.com


6. Jamur Crispy (Kriuk)

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Bagi anda yang belum tahu, jamur crispy adalah makanan cemilan berupa jamur yang dicampur tepung lalu digoreng. Rasanya yang renyah, sehingga dinamakan Jamur Crispy. Saya juga pernah mencobanya ketika mau sholat ke Mesjid di daerah Cisarua, ini pertama kalinya saya mencoba cemilan ini. Ada 6 rasa yang ditawarkan yaitu barbeque special, sapi panggang, ayam bakar, keju asin, jagung bakar dan balado pedas manis. Rasanya ingin nyoba lagi, sempat lupa kenikmatan rasanya. Usaha ini bisa balik modal 1-2 bulan.

Harga Jamur Crispy : - (sepengetahuan saya Rp 3.000-5.000)
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.200.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.500.000
Website : jamurcrispyjakarta.com

7. Sosis dan Bakso Bakar

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Jajanan kaki lima satu ini juga sangat popular. Di Jalan Pakuan Ciheuleut, penjual sosis bakar selalu kebanjiran pembeli. Biasanya mereka berjualan setelah magrib. Ini tentu, peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi anda. Produknya macam-macam, sosis bakar, bakso, bakar, otak-otak bakar dan bisa anda kembangkan lagi dengan makanan yang bisa dibakar/panggang. Makanan ini disajikan dengan saus, biasanya ada beberapa macam saos seperti saos barbeque dan lainnya. 

Harga Sosis dan Bakso Bakar : Rp 3.000- 15.000
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.000.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.200.000
Website : sosisbaksobakar.com

8.  Es Cendol/Dawet

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Ini minuman es dengan rasa gula merah yang khas. Rasanya sudah cukup popular, dan bahkan disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Es Cendol/Dawet  ini dibuat dengan campuran tepung dawet, pandan, gula merah dan es. Setidaknya ada 3 rasa yang ditawarkan dalam paket bisnis ini yaitu pandan hijau, vanilla putih dan frambozen merah. 

Harga Es Cendol/Dawet : - (sepengathuan mulai dari Rp 5.000- 15.000
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.000.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.200.000
Website : cendoljakarta.com

9.  Bubble Drink/Bubble Tea

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Usaha Franchise Modal Kecil Bubble TeaMinuman es satu ini juga memiliki rasa yang nikmat. Penawarannya disajikan dengan rasa coklat, buah dan kopi kemudian �diblend� bersama es batu, ditambah tapioca pearl wuih sempurna !. Bila anda belum puas, bisa menambah rasa bahkan ada 30 rasa lagi yang disediakan dalam paket penawaran. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai minuman ini. Bubuk rasanya terdiri dari cream coklat, choco mint, choco oreo, bubble gum, vanilla blue, taro, strawberry, durian, blueberry, avocado, melon dan green tea.

Harga Bubble Drink : Rp 6.000
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.500.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.700.000
Website : cappucinocincaujakarta.com/bisnis-bubble-drink

10. Fried Chicken 

Bidang usaha : Makanan dan Minuman

Baik anak-anak maupun orang dewasa, pasti familiar dengan makanan ini. Fried Chicken biasa dijadikan menu lauk makan siang atau malam. Ayam yang dilumeri tepung krispi, renyah dan kriuk-kriuk. Sekarang orang-orang bisa menikmati makanan cepat saji ini tanpa harus ke restoran-restoran besar. Disajikan dengan saus tomat atau sambal menumbuhkan sajian yang hot dan istimewa. 

Harga Fried Chicken : - (sepengatahuan Rp 4.000- 9.000)
Modal paket usaha lengkap : Rp 3.700.000
Modal paket usaha tanpa booth/gerobak : Rp 2.900.000
Website : friedchickenjakarta.com


Baik harga maupun modal, mungkin akan meningkat setiap tahunnya. Setidaknya informasi diatas bisa menjadi sumber ide dan pilihan terbaik bagi anda. 

Perhatikan ketentuan-ketentuan bila ada, sebelum menandatangani kontrak pembelian paket usaha/kerjasama franchise.

Sebaiknya pahami dulu, ketentuan-ketentuan yang ada. Misalnya, jangka waktu, informasi hak eksklusif wilayah apakah ada ?, semua biaya-biaya, dukungan, pembatasan hingga apa yang terjadi bila ingin menjual waralaba anda ?.

Pada contoh paket usaha yang sudah dijelaskan, umumnya tidak memuat syarat-syarat atau ketentuan yang rumit. Sebab, nilainya tidak terlalu besar berbeda bila anda membeli franchise seperti indomart atau alfamart yang butuh ratusan juta.

baca juga : 20 Contoh Usaha Franchise beserta Informasi Modalnya
Tips Memulai Usaha Franchise/Waralaba yang Perlu Diketahui

Nah, mudah-mudahan artikel kali ini bisa membantu anda. Ini bisa menjadi alternative terbaik bagi anda yang bermodal kecil untuk memulai usaha waralaba tanpa franchise fee dan gratis ongkir


Penulis : Fajar M

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Belajar Ilmu Bisnis