Advertisemen
Indonesia pada dasarnya merupakan negara yang sangat kaya akan budaya � budaya bisnis kreatif. Di industri kuliner saja misalnya, Indonesia memiliki banyak sekali produk kuliner yang sangat prospektif untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis. Sayangnya, berbagai macam halangan seperti modal, minimnya pengetahuan ilmu pemasaran, serta manajemen usaha yang �cekak� sering kali membuat usaha � usaha kuliner kreatif ini tidak berkembang. Padahal, jika dikelola dengan baik, usaha ini benar � benar sangat menjanjikan masa depan yang cerah bagi para pelakunya.
Nah, dari sekian banyak komoditi kuliner yang ada di Indonesia, berikut merupakan beberapa contoh komoditi kuliner minuman es khas Indonesia yang sangat prospektif untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis:
5 Minuman Es Asal Indonesia yang Prospektif untuk Bisnis
Es teler
Es teler, siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Ya, minuman khas Indonesia yang satu ini telah ada dan telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Seakan tidak sadar dengan umurnya yang sudah sangat tua, di abad millenium sekarang ini, es teler masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun marjin keuntungan usaha es teler tergolong cukup kecil, namun dapat dipastikan, jika dijalankan secara modern dengan berbagai macam inovasi di segi tampilan, varian rasa, dan juga lokasi pemasaran, usaha es teler benar � benar menjanjikan keuntungan yang besar, terutama jika dijalankan di lokasi � lokasi yang ramai.
Es Oyen
Es Mambo
Mulai diproduksi sejak Tahun 60-an, keeksisan es mambo juga masih cukup terjaga hingga saat ini. Meskipun sudah tidak selaku di awal � awal kemunculannya, di abad millenium sekarang ini, es mambo masih cukup banyak diminati oleh anak � anak yang tinggal di pinggiran kota. Rasanya yang enak disertai dengan harganya yang sangat murah membuat produk es yang satu ini benar � benar ramah dengan anak � anak pinggiran kota berkantong pas � pasan. Meskipun marjin keuntungan berjualan es ini tidak terlalu besar, namun jika menilik potensi konsumennya, sepertinya usaha es mambo masih cukup prospektif tuh.
Es Cendol
Seakan tidak lekang oleh waktu, produk es cendol saat ini juga masih terus eksis di dunia industri kuliner tanah air. Meskipun sudah tidak seeksis di masa keemasannya, harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat produk es cendol saat ini masih tergolong sangat laris, sehingga sangat prosfektif untuk dijadikan sebagai salah satu ide bisnis minuman di Tahun 2016 ini.
Es Dawet
Dibuat pertama kali di Kota Banjarnegara, keeksisan es dawet terus menanjak seiring dengan banyaknya jumlah penjual es Dawet keliling di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Dijual oleh banyak pedagang, produk kuliner tahah air yang satu ini terus mengalami peningkatan penjualan seiring dengan pertumbuhan jumlah pedagangnya. Padahal, saat ini sistem penjualan es Dawet benar � benar masih dijalankan dengan sistem tradisional, sehingga marjin keuntungan yang bisa didapatkan pun masih terbilang cukup kecil. Kedepannya, jika dijalankan dengan sistem penjualan yang modern, dapat dipastikan produk es khas Indonesia yang satu ini akan menciptakan keuntungan yang lebih besar lagi.
Itulah 5 minuman es khas Indonesia paling okeh untuk bisnis. Jadi, apakah Anda sudah memilih jenis es yang akan Anda jadikan sebagai produk untuk bisnis Anda?
Artikel menarik : Es Pisang Coklat, Masih Ingat ? Bagaimana Potensinya ?
Pustaka :
- http://www.klikhotel.com/blog/10-minuman-dingin-yang-ngetop-di-bandung/
- http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-es-teler-dan-analisa-usahanya.html
Advertisemen